Tips Memilih Kontraktor Bangun Rumah

Memilih jasa kontraktor yang tepat memang bukan perkara mudah, mengingat sangat banyaknya kontraktor-kontraktor yang mempromosikan diri sebagai yang terbaik.

Bukan berarti sebagian besar dari kontraktor tersebut tidak baik tetapi lebih tepatnya memilih kontraktor yang paling cocok bagi anda.

Memilih kontraktor yang tepat untuk membangun rumah adalah keputusan yang sangat penting karena menyangkut keberhasilah proyek pembangunan serta menyangkut pula kualitas pekerjaan pembangunan rumah anda.

Baca juga: Mengapa Penting Menggunakan Jasa Kontraktor Untuk Membangun Rumah?

Berikut ini tips memilih kontraktor yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda, sbb:

  1. Pilihlah kontraktor yang berlokasi satu kota atau satu daerah dengan lokasi proyek anda. Lokasi yang dekat dengan proyek akan memudahkan kontraktor mengontrol jalannya proyek dengan baik dan dapat memastikan kualitas pekerjaan tetap terjaga.
  2. Perhatikan kelas proyek-proyek yang sudah pernah dikerjakan kontraktor tersebut. Apabila kontraktor ini sering mengerjakan proyek-proyek kelas menengah ke atas atau rumah mewah maka tidak perlu diragukan lagi kualitas serta nama baiknya karena semakin tinggi level kelas sebuah proyek yang dikerjakan maka semakin besar pula kepercayaan yang didapat kontraktor dari klien-kliennya sehingga mereka mau menyerahkan sepenuhnya pembangunan rumah kepada kontraktor tersebut.
  3. Kelanjutan proyek kontraktor tersebut. Apakah saat ini masih ada proyek-proyek yang dikerjakan oleh kontraktor. Apabila masih ada tandanya kontraktor ini cukup terpercaya karena terus mendapatkan kepercayaan dari klien-klien baru untuk mengerjakan proyek-proyek baru.
  4. Kontraktor yang memiliki proyek-proyek berjalan biasanya akan memiliki layanan “after sales services” atau layanan “maintenance” yang baik. Karena dengan adanya proyek-proyek berjalan menandakan masih banyaknya pekerja-pekerja aktif yang dapat cepat diandalkan ketika klien-klien lama membutuhkan bantuan maintenance rumah mereka.
  5. Pastikan proyek-proyek yang dikerjakan kontraktor tersebut selesai dengan baik hingga serah terima dengan pemilik proyek. Ini menandakan bahwa kontraktor tersebut memiliki komitmen kerja yang baik serta management kerja dan pengaturan keuangan yang sehat.
  6. Pilihlah kontraktor yang tidak memaksakan biayanya kepada anda tetapi mau berusaha memberikan solusi serta pilihan yang disesuaikan dengan budget membangun yang anda miliki. Tentunya anda juga sebagai klien harus realistis. Apabila budget yang anda miliki tidak terlalu besar atau terbatas maka anda sebagai klien juga harus berusaha menekan ekspektasi anda sendiri, tidak berharap berlebihan serta menurunkan standar spesifikasi teknis bangunan agar keseluruhan biaya bisa ditekan dan menjadi terjangkau bagi anda.

Baca juga: Dapatkan penawaran harga langsung dari kontraktor berpengalaman untuk rencana pembangunan rumah anda hanya di griyabangun.com.

Leave a Reply