Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membangun Rumah?

Bagi anda sangat konsen terhadap waktu pelaksaan pembangunan dan memiliki target tenggang waktu tertentu, ketika anda berencana hendak membangun rumah, tentu pertanyaan di atas akan menjadi fokus utama anda.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi lama – tidaknya waktu pembangunan sebuah rumah, sbb:

  1. Luas Bangunan / Besarnya Rumah
    Semakin luas dan besar bangunan rumah yang hendak dibangun tentu akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun. Rumah dengan luas 500m2 tentu perlu waktu lebih lama untuk diselesaikan dibandingkan rumah dengan luas hanya 100m2.
  2. Jumlah Tingkat Lantai Bangunan
    Semakin banyak jumlah lantai bangunan maka akan semakin lama waktu pembangunan. Ini berkaitan dengan pekerjaan struktur bangunan, yang mana, setiap pekerjaan struktur per-lantai bangunan memerlukan waktu tunggu sekitar 21 hari untuk memastikan struktur beton kering dan matang, sebelum dapat sepenuhnya melanjutkan pekerjaan ke lantai berikutnya.
  3. Kualitas Pengerjaan Bangunan Rumah
    Semakin baik kontraktor pelaksana pembangunan maka akan membutuhkan waktu penyelesaian pembangunan yang lebih lama. Kualitas pekerjaan yang baik, rapih dan terkontrol baik tentunya memerlukan waktu lebih banyak untuk memaksimalkan mutu pekerjaan. Sedangkan pekerjaan pembangunan yang dikerjakan cepat atau dikebut akan memiliki kualitas finishing yang kurang baik karena para pekerja mengejar kecepatan daripada kualitas.
  4. Budget Biaya Membangun yang Disediakan
    Bagi yang memiliki budget terbatas saat membangun rumah, semakin cepat anda menyelesaikan pekerjaan pembangunan maka akan semakin hemat biaya yang harus dikeluarkan. Mengapa demikian? Karena semakin lama anda menyelesaikan pekerjaan pembangunan maka overhead yang dikeluarkan oleh kontraktor akan semakin besar sehingga akan mempengaruhi harga penawaran jasa konstruksi.
    Tentunya anda harus mengukur juga batas-batas antara kecepatan dan kualitas pekerjaan. Apabila terlalu cepat juga tidak baik karena akan mengorbankan kualitas.
  5. Banyaknya Variasi Ornamen Bangunan
    Semakin simpel sebuah bangunan rumah maka akan semakin cepat pelaksanaan pembangunannya. Bangunan yang memiliki terlalu banyak ornamen, ukir-ukiran, serta variasi-variasi finishing yang rumit tentu akan memerlukan waktu pembangunan yang lebih lama. Ini mungkin berkaitan dengan rumah mewah yang mana semakin mewah sebuah rumah maka akan semakin lama proses pembangunannya bahkan bisa memakan waktu bertahun-tahun.
  6. Faktor Cuaca dan Libur Nasional
    Pembangunan rumah ingin cepat selesai? Maka pintar-pintarlah memilih waktu tanggal pelaksanaan pembangunan. Agar pembangunan lebih cepat selesai usahakan memulai pembangunan saat awal musim kemarau (bulan Februari / Maret) sehingga proses pengerjaan struktur bangunan tidak terganggu oleh hujan. Sedangkan untuk hari libur Nasional, usahakan agar proyek pembangunan selesai sebelum hari libur besar Nasional mengingat pada hari-hari tersebut para pekerja akan libur untuk jangka waktu yang cukup lama dan untuk rithme kerja dapat kembali pulih seperti semula dapat memakan waktu 3 – 4 minggu.

 

Apabila disimpulkan, berdasarkan pengalaman kontraktor Griya Bangun, waktu yang diperlukan untuk membangun rumah adalah sbb:

  • Waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah 1 lantai sederhana : antara 3-4 bulan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah 1 lantai kelas menengah atau menengah atas : antara 5-8 bulan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah 2 lantai kelas menengah atau menengeh atas : antara 8-12 bulan
  • Waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah 2-3 lantai kelas mewah : antara 12-18 bulan

Demikian informasi ini semoga bermanfaat. Salam Sukses!

Baca juga: Dapatkan penawaran harga langsung dari kontraktor berpengalaman untuk rencana pembangunan rumah anda hanya di griyabangun.com.

Leave a Reply